PRESS RELEASE DIES NATALIS KIMIA KE-18

[PRESS RELEASE RANGKAIAN ACARA DIES NATALIS KIMIA KE-18 TAHUN 2017]

 

Peringatan hari lahir dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan. Bagi kimia UNSOED dies natalis mempunyai arti penting bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, melainkan sebagai penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Sebagai wujud peringatan berdirinya jurusan kimia UNSOED, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKIM) mengadakan sebuah acara bertajuk “DIES NATALIS KIMIA KE-18” dengan tema REVERSIBLE 18. Berikut press release rangkaian acara dies natalis kimia ke-18

°PEMBUKAAN (4 Mei 2017 – Ruang Aula FMIPA UNSOED)

Pembukaan dies natalis kimia ke-18 dilaksanakan di ruang aula FMIPA UNSOED pada tanggal 4 Mei 2017 pukul 16.00 WIB. Acara dibuka oleh MC dengan serangkaian acara dan peresmian pembukaan dies natalis oleh Bapak Sunardi, M.Si. selaku Dekan FMIPA UNSOED dengan pelepasan balon secara simbolis diikuti oleh mahasiswa kimia. Acara pembukaan kali ini di hadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa kimia dengan dresscode setiap angkatan yaitu angkatan 2013 putih, angkatan 2014 hitam, angkatan 2015 biru dongker dan angkatan 2016 abu-abu. Acara berjalan meriah ditandai dengan antusiasnya peserta dalam flashmob yang masuk dalam rangkaian acara pembukaan. Euforia tersebut berlanjut saat hiburan yang diisi dengan penampilan perwakilan setiap angkatan dari 2013-2016 berupa musik dan tarian. Acara ditutup dengan foto setiap angkatan serta ucapan selamat ulang tahun untuk kimia yang ke-18.

°CHEMISTRY AMBASSADOR (4 Mei 2017- Ruang Aula FMIPA UNSOED)

Chemistry ambassador merupakan sebuah kegiatan ajang pencarian bakat mahasiswa kimia yang nantinya akan dijadikan ikon sebagai duta kimia. Chemistry ambassador ini dilaksanakan setelah pembukaan dies natalis kimia di ruangan Aula FMIPA UNSOED pada tanggal yang sama yaitu 4 Mei 2017 pukul 19.00 WIB. Peserta chemistry ambassador ini adalah perwakilan setiap angkatan. Angkatan 2014 diwakili oleh Doni Arisnandy, Sandra Mutia R, Mutmainah dewi K. Angkatan 2015 diwakili oleh Elia ismi, Cherly Firdharini dan Muhammad Septiansyah N serta angkatan 2016 diwakili oleh Laras Anggita J dan Yusuf Mathiinul Hakim. Acara berjalan meriah dengan susunan acara yaitu catwalk setiap peserta, penampilan bakat dan pertanyaan untuk para peserta. Juri dalam acara ini terdiri dari dosen dan mahasiswa kimia yaitu Bapak Roy Andreas,Ph.D.,  Ende Hopsah B (2013) dan Suhendar (2013). Peserta yang terpilih sebagai Chemistry Ambassador adalah Elia Ismi (2016) untuk kategori wanita dan Yusuf Mathiinul Hakim (2016) sebagai kategori pria. Pengumuan diumumkan saat acara tasyakuran dan dinobatkan saat malam puncak.

°FAMILY GATHERING (Sabtu, 6 Mei 2017 – Lapangan Tengah FMIPA UNSOED)

Family gathering bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mengakrabkan seluruh mahasiswa kimia dari angkatan 2013-2016 dan civitas akademika kimia UNSOED. Family gathering dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 pukul 07.00- 13.00 WIB. Rangkaian acara family gathering itu sendiri adalah jalan sehat dan lomba-lomba. Jalan sehat dimulai pukul 07.00 WIB dan bagi 20 peserta pertama mendapat mendoan gratis. Jalan sehat dilaksanakan disekitar kampus FMIPA.  Acara famgath kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dalam rangkaian acara diesnatalis. Family gathering kali ini dalam satu tim pesertanya di gabung dari perwakilan setiap angkatanya dengan tujuan mengakrabkan satu sama lain dan menghilangkan gap setiap angkatanya. Lomba-lombanya terdiri dari futsal sarung, estafet karet, game kombinasi dan tarik tambang. Acaranya berjalan meriah, ramai, mengasyikkan dan penuh canda tawa yang pastinya akan berkesan di benak masing-masing. Pemenang dari futsal putra adalah tim 1 untuk kategori futsal putri dimenangkan oleh tim 3. Lomba estafet karet putra di menangkan oleh tim 2, estafet karet putri oleh tim 1. Game kombinasi dimenangkan oleh angkatan 2015. Tarik tambang putra di menangkan oleh tim 4 dan tarik tambang putri di menangkan oleh tim 3.

°LIPSYNC CONTEST (Selasa, 9 Mei 2017 – Aula FMIPA UNSOED)

Lipsync contest merupakan salah satu rangakaian acara yang bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dalam hal berperan, menghayati serta unjuk kreativitas dalam kostum yang digunakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Mei 2017 di ruang Aula FMIPA unsoed pada pukul 16.00-21.30 WIB. Acara ini berlangsung heboh dan penuh canda tawa melihat penampilan para peserta yang lucu-lucu. Antusiasme setiap angkatan  juga tidak kurang dari rangkaian acara lain. Kekompakan setiap angkatan juga ditunjukkan dengan adanya supporter yang mendukung para peserta pada saat tampil. Disamping itu terdapat juri yang menilai penampilan para peserta yaitu Oto Dwi W (kimia 2013) Aulia Panca (Matematika 2013) dan Siti Nurhabibah (kimia 2013). Acara ini di menangkan oleh GAC (Desi, Yola dan Rafly 2016) sebagai juara 1, Gustama (2014) sebagai juara 2 dan Autan (Aulia dan Wandila 2015) sebagi juara 3.

°TASYAKURAN (Rabu, 17 Mei 2017 – Aula FMIPA UNSOED)

Tasyakuran dies natalis kimia ke-18 dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Mei 2017 pukul 08.00 – 12.00 WIB di ruang Aula FMIPA UNSOED. Acara tasyakuran ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa kimia melainkan dari dosen dan civitas akademika kimia. Acara dibuka oleh Bapak Sunardi,M.Si. selaku Dekan FMIPA UNSOED dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis perayaan lahirnya jurusan kimia. Acara ini juga di isi dengan hiburan dari Hadroh USMAN dan Tari Saman dari mahasiswa kimia itu sendiri. Terdapat juga penghargaan sebagai dosen terfavorit yang diberikan kepada Ibu Eva Vaulina, Ph.D. untuk kategori dosen terfavorit wanita dan Bapak Roy Andreas,Ph.D. untuk dosen terfavorit pria. Tidak ketinggalan dalam acara ini  juga ada pengumuman pemenang Chemistry Ambassador yaitu Elia Ismi (2015) dan Yusuf Mathiinul Hakim (2016). Acara ditutup dengan karaoke baik dari dosen maupun mahasiswa kimia.

°MALAM PUNCAK (Sabtu, 20 Mei 2017 – Lapangan Depan FMIPA UNSOED)

Malam puncak dies natalis kimia ke-18 merupakan acara puncak dari rangkaian dies natalis ini yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20  Mei 2017 pukul 19.00-24.00 WIB. Malam puncak mengundang pengisi acara dari setiap angkatan, BEM KM MIPA, DLM, HIMAFI, HIMATIKA, Elisa (Farmasi), UKM Teater Receh, UKM seni Fakultas Teknik, UKM seni Biosymphoni, guest star dari IAIN dan AMIKOM. Tidak hanya di isi dengan acara musik saja, malam puncak ini juga menampilkan puisi dari Siti Nurfiah ft. Pemenang Chemistry Ambassador, penobatan pemenang chemistry ambassador, Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah family gathering dan lomba selama rangkaian dies natalis dan undian doorprize jalan sehat serta pengumuman angkatan terkontribusi. Adapula stand stand makanan yang turut meramaikan acara malam puncak ini. Malam yang begitu istimewa diwarnai dengan euphoria, suka cita dan kebersamaan berjalan sangat meriah yang ditandai dengan antusias para peseta yang hadir tidak hanya mahasiswa dari jurusan kimia saja, melainkan dari jurusan lain bahkan dari fakultas lain dan luar UNSOED sehingga menimbulkan kesan yang tidak terlupakan untuk kita semua.

(Kesejahteraan Mahasiswa – HIMAKIM 2017)

Comments are closed.